Senin, 21 Oktober 2013

TULISAN PENGARUH KEBUDAYAAN


Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.

Di Indonesia banyak sekali kebudayaan yang tersebar , seperti sekarang yang sedang melanda Indonesia adalah pengaruh adanya budaya Korea. Mulai dari drama korea, boyband, cara berpakaian, gaya hidup serta makanan khas korea. Banyak sekali remaja baik putra maupun putri yang menggandrungi apapun yang berbau korea, sehingga mereka membeli pakaian / kaset korea /merchandise lain .

Karena banyak sekali minat dari masyarakat Indonesia tentang korea, maka artis atau penyanyi korea pun datang ke Indonesia untuk melakukan konser ataupun yang lainnya, dan tiket tersebut habis terjual. melihat hal tersebut banyak EO (Even Organizer) yang berlomba-lomba membawa  artis/ penyanyi korea untuk mengadakan konser, ini merupakan suatu peluang bagi EO untuk mendapatkan laba dari penjualan tiket tersebut, dan bagi para penggemar korea ini pun merupakan suatu peluang untuk bisa bertemu langsung dengan idolanya dengan membeli tiket yang dijual oleh penyelenggara acara.

Dengan di adakannya konser, penjualan baju-baju atau merchandise lain yang berbau korea sangat laris di Indonesia, banyak juga online shop yang menjual merchandise korea dengan bermacam-macam harga. Konsumen yang menyukai korea akan membeli barang tersebut dan mengkonsumsinya. seperti makanan korea tteokbokki, sudah banyak yang menjual makanan tersebut dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat terutama yang suka tentang korea.

Ini merupakan salah satu penjelasan tentang pengaruh kebudayaan terhadap pembelian dan konsumsi masyarakat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar