Contoh Kasus Minyak Angin
Aromatherapy ( Fresh Care dan V-Fresh )
Iklan
merupakan media yang sering digunakan untuk mempromosikan suatu produk, iklan
juga terkadang dijadikan sebagai sarana persaingan antara beberapa produk. Iklan
yang telah melanggar Stakeholder atau tidak beretika yang sering kita lihat
sehari-hari adalah iklan suatu produk yang satu dengan produk saingannya. Dalam
iklan Fresh Care yang memberikan cara penggunaannya 8 kali oles . Lalu muncullah
produk sejenis setelah Fresh Care yaitu V - Fresh dengan membalas cukup 3 kali
oles yang seolah – olah lebih unggul dan lebih irit, maksudnya disini produk V -
Fresh merendahkan produk Fresh Care dengan sistem kerja menghilangkan rasa
pegal pada olesan . Kedua produk ini merupakan produk kesehatan yang dapat
menyegarkan, untuk meringankan sakit kepala, meredakan perut kembung, masuk
angin, mabuk perjalanan, meringankan gejala flu dan lain-lain.
Jadi
persaingan seperti ini jangan terjadi, yang seolah-olah V - Fresh lebih unggul
dan irit dari pada Fresh Care, seharusnya iklan tersebut jangan meniru tetapi
saling mendukung. Namun ada sebagian orang tidak peduli akan adanya iklan tapi
lebih mengutamakan kualitas produk. Kualitas produk memang sangat penting bagi
semua orang dan iklan hanyalah sebagai pemberi informasi tentang produk
tersebut. Dalam
kasus seperti ini jelas akan ada yang dirugikan , entah dari produk yang
direndahkan atau disindir seperti Fresh Care. Namun bukan hanya Fresh Care yang
di rugikan , V – Fresh juga bisa dirugikan karena dengan menyindir produk
pesaingnya membuat produk mereka terlihat buruk di mata konsumen jelas ini melanggar
hukum dengan saling bersaing dengan cara yang tidak sehat.
Saran untuk kasus ini :
Seharusnya
iklan tidak boleh dengan sengaja meniru iklan produk pesaing sedemikian rupa
sehingga dapat merendahkan produk pesaing, ataupun menyesatkan atau
membingungkan khalayak. Karena dengan merendahkan dan saling menjatuhkan malah
membuat produk tersebut tidak dipercaya dan akan terlihat buruk dimata
konsumen. Jadi bersainglah secara sehat, bukan nya bersaing dengan cara mencela
pihak lain karena itu sudah melanggar peraturan periklanan dunia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar