Sabtu, 16 November 2013

PENGARUH KEBUDAYAAN TERHADAP PEMBELIAN DAN KONSUMSI

Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.
Kata budaya merupakan kata yang berasal dari bahasa sanksekerta “buddhayah”, yang berarti hal-hal yang berkaitan dengan akal budi. Kebudayaan atau budaya merupakan suatu gaya hidup yang sudah tertanam dalam masyarakat dari puluhan, ratusan, bahkan ribuan tahun lalu yang diturunkan dari generasi ke generasi . Budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas.

Pengaruh budaya terbagi menjadi:
1.      Pengaruh budaya yang dapat memuaskan kebutuhan
Dengan memenuhi kebutuhan psikologis biasanya para pemasar menggunakan kata-kata yang dapat memotivasi konsumen membeli produk dari perusahaannya. Contohnya para remaja ingin sekali mempunyai wajah yang bersinar dan kulit putih, maka produsen menciptakan produk yang dapat memuaskan kebutuhan tersebut yaitu pemutih dan pencerah wajah dengan bintang iklan yang cantik yang memiliki kulit dan wajah yang cantik,dengan begitu para konsumen membeli produknya.

2.      Pengaruh Budaya yang dipelajari
Anak yang masih kecil mempelajari budaya-budaya apa yang ada disekitarmya melalui keluarga, lingkungan, media massa dan masyarakat. Contohnya anak kecil memperhatikan pakaian, gaya rambut, dan lain-lainnya yang kemudian anak tersebut akan meniru penampilan dari sang idolanya yang ia sering lihat dari televisi

3.      Pengaruh budaya yang berupa tradisi
Tradisi atau disebut juga dengan kebiasaan adalah suatu sikap atau perilaku yang telah berlangsung lama sehingga menjadi suatu kebiasaan. Contohnya, setiap lebaran umat muslim membuat ketupat, harga daging menjadi naik, dan lain-lain.


4.      Pengaruh Budaya dapat Dipelajari
Budaya dapat dipelajari sejak seseorang sewaktu masih kecil, yang memungkinkan seseorang mulai mendapat nilai-nilai kepercayaan dan kebiasaan dari lingkungan yang kemudian membentuk budaya seseorang
. Misalnya misalnya ketika orang dewasa dan rekannya yang lebih tua mengajari anggota keluarganya yang lebih muda mengenai cara berperilaku.

SUMBER :
s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar