Sabtu, 18 Oktober 2014

TUGAS SOFTSKILL REVIEW JURNAL

JURNAL 1

Judul                                       : 
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada V Salon Jl. Osamaliki No.78 Salatiga)

Nama Peneliti                          : Novita Rinanda

Tahun                                      : 2013

Tempat Penelitian                   : V-Salon

Varibel yang diteliti                : service quality and costumer loyalty

Hasil penelitian                       :
Kualitas pelayanan merupakan tingkat kondisi baik buruknya pelayanan jasa yang diberikan oleh V-salon dalam rangka memberikan pelayanan yang berkualitas. Kualitas pelanggan berkaitan erat dengan kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan memberikan dorongan khusus bagi para pelanggan untuk menjalin ikatan relas saling menguntungkan dalan jangka panjang dengan perusahaan (Sari 2011). Ikatan emosional semacam ini memungkinkan perusahaan untuk memahami dengan seksama harapan dan kebutuhan spesifik pelanggan.
Dalam menghadapi persaingan yang ketat di dunia usaha , V-Salon Salatiga harus memperhatikan kualitas pelayanan sehingga dapat membuat konsumen menjadi loyal untuk datang kembali dan menggunakan jasa V-Salon Salatiga. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada V-Salon Salatiga.
Populasi penelitian ini adalah pelanggan pada V-Salon Salatiga. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan analisis regresi.
Kualitas pelayanan V-Salon yang bagus dan sesuai dengan keinginan konsumen mempengaruhi keputusan konsumen untuk terus menggunakan jasa V-Salon dengan harapan untuk mempercantik diri sehingga konsumen menjadi lebih percaya diri dengan penampilannya yang sekarang setelah keluar dari V-Salon Salatiga. Rata-rata pelanggan V-Salon akan terus datang kembali ke V-Salon karena kualitas layanan yang diberikan oleh V-Salon selalu memuaskan, ini yang membuat pelanggan V-Salon menjadi loyal.


JURNAL 2

Judul                                       : 
Analisis Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT Pertamina Gas Area JBB Distrik Cilamaya Bagi Mayarakat

Nama Peneliti                          : Linda Devis May

Tahun                                      : 2012

Tempat Penelitian                   : PT PERTAMINA GAS AREA JBB DISTRIK CILAMAYA

Varibel yang diteliti                : Corporate Social Responsibility

Hasil penelitian                       :
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT Pertamina Gas Area JBB Distrik Cilamaya penelitian menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada responden yang daerah tempat tinggalnya terdekat dengan wilayah operasi PT Pertamina Gas Area JBB Distrik Cilamaya tepatnya pada dusun Tanggul Pertamina dan dusun Karang Anyar sebanyak 158 responden, diperoleh nilai skor rata-rata 540,28 artinya responden menyatakan baik/setuju terhadap pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT Pertamina Gas Area JBB Distrik Cilamaya bagi masyarakat. Meskipun masih ada beberapa program yang dalam pelaksanaannya dinyatakan cukup baik/ragu-ragu. Dari beberapa program yang telah dilaksanakan, responden menyatakan sangat setuju terhadap bantuan pendirian sarana pendidikan dengan mendapatkan skor tertinggi sebesar 670, sedangkan responden menyatakan ragu-ragu terhadap penghijauan telah membuat lingkungan menjadi lebih sejuk dengan mendapatkan skor terendah sebesar 439.
Pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT Pertamina Gas Area JBB Distrik Cilamaya telah dilakukan secara terorganisir artinya telah terencana dan terstruktur dengan baik. Namun pelaksanaan CSR masih belum maksimal karena belum dilakukan oleh bagian khusus untuk menangani program CSR , karena sampai saat ini pelaksanaan program CSR masih dilakukan oleh pekerja dari fungsi operasi.


JURNAL 3

Judul                                       : 
Pengaruh Kepuasan Atas Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Mandiri Tbk Cabang Muaro Padang

Nama Peneliti                          : Deby Meigy Arzena

Tahun                                      : 2012

Tempat Penelitian                   : PT Bank Mandiri Cabang Muaro Padang

Varibel yang diteliti                : Kepuasan atas kualitas pelayanan, kepercayaan , loyalitas

Hasil penelitian                       :
Kepuasan pelanggan memegang peranan yang sangat penting guna menjamin kelangsungan hidup suatu usaha terutama perusahaan bergerak dibidang jasa. Selain kepuasan pelanggan yang perlu diperhatikan lagi adalah kepercayaa pelanggan. Kepecayaan merupakan suatu kondisi ketika salah satu pihak yang terlibat dalam proses pertukaran yakin dengan kehandalan dan integritas pihak yang lain (Morgan dan Hunt).
Persaingan memperebutkan nasabah bank sangat ketat. Dengan jumlah bank dan kantor cabang yang banyak dan produk yang ditawarkan bank beragam, kualitas pelayanan dan kepercayaan memang sangat penting bagi bank untuk mempertahankan nasabah atau mendapatkan nasabah baru. Walupun kualitas pelayanan dan kepercayaan sebuah bank dianggap berkualitas namun nasabahnya juga belum tentu loyal.
Populasi penelitian ini adalah siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang orang yang kebetulan ditemui cocok sebagai sumber data.
Berdasarkan  hasil analisis , kepuasan atas kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap nasabah PT Bank Mandiri Cabang Muaro Padang sedangkan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah PT Bank Mandiri Cabang Muaro Padang jadi untuk meningkatkan loyalitas nasabah dapat melalui peningkatan secara langsung kepercayaan nasabah.