JURNAL 1
Judul :
Pengaruh
Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada V Salon Jl.
Osamaliki No.78 Salatiga)
Nama Peneliti : Novita Rinanda
Tahun : 2013
Tempat Penelitian : V-Salon
Varibel yang diteliti : service quality and costumer loyalty
Hasil penelitian :
Kualitas
pelayanan merupakan tingkat kondisi baik buruknya pelayanan jasa yang diberikan
oleh V-salon dalam rangka memberikan pelayanan yang berkualitas. Kualitas
pelanggan berkaitan erat dengan kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan
memberikan dorongan khusus bagi para pelanggan untuk menjalin ikatan relas
saling menguntungkan dalan jangka panjang dengan perusahaan (Sari 2011). Ikatan
emosional semacam ini memungkinkan perusahaan untuk memahami dengan seksama
harapan dan kebutuhan spesifik pelanggan.
Dalam
menghadapi persaingan yang ketat di dunia usaha , V-Salon Salatiga harus
memperhatikan kualitas pelayanan sehingga dapat membuat konsumen menjadi loyal
untuk datang kembali dan menggunakan jasa V-Salon Salatiga. Tujuan penelitian
yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan
pada V-Salon Salatiga.
Populasi
penelitian ini adalah pelanggan pada V-Salon Salatiga. Data dikumpulkan dengan
menggunakan kuesioner dan analisis regresi.
Kualitas
pelayanan V-Salon yang bagus dan sesuai dengan keinginan konsumen mempengaruhi
keputusan konsumen untuk terus menggunakan jasa V-Salon dengan harapan untuk
mempercantik diri sehingga konsumen menjadi lebih percaya diri dengan
penampilannya yang sekarang setelah keluar dari V-Salon Salatiga. Rata-rata
pelanggan V-Salon akan terus datang kembali ke V-Salon karena kualitas layanan
yang diberikan oleh V-Salon selalu memuaskan, ini yang membuat pelanggan
V-Salon menjadi loyal.
JURNAL 2
Judul :
Analisis
Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT Pertamina Gas Area
JBB Distrik Cilamaya Bagi Mayarakat
Nama Peneliti : Linda Devis May
Tahun : 2012
Tempat Penelitian : PT PERTAMINA GAS AREA JBB DISTRIK CILAMAYA
Varibel yang diteliti : Corporate Social Responsibility
Hasil penelitian :
Berdasarkan
hasil penelitian yang dilakukan terhadap pelaksanaan Corporate Social
Responsibility (CSR) pada PT Pertamina Gas Area JBB Distrik Cilamaya penelitian
menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada responden yang daerah tempat
tinggalnya terdekat dengan wilayah operasi PT Pertamina Gas Area JBB Distrik
Cilamaya tepatnya pada dusun Tanggul Pertamina dan dusun Karang Anyar sebanyak
158 responden, diperoleh nilai skor rata-rata 540,28 artinya responden
menyatakan baik/setuju terhadap pelaksanaan Corporate Social Responsibility
(CSR) pada PT Pertamina Gas Area JBB Distrik Cilamaya bagi masyarakat. Meskipun
masih ada beberapa program yang dalam pelaksanaannya dinyatakan cukup
baik/ragu-ragu. Dari beberapa program yang telah dilaksanakan, responden
menyatakan sangat setuju terhadap bantuan pendirian sarana pendidikan dengan
mendapatkan skor tertinggi sebesar 670, sedangkan responden menyatakan
ragu-ragu terhadap penghijauan telah membuat lingkungan menjadi lebih sejuk
dengan mendapatkan skor terendah sebesar 439.
Pelaksanaan
program Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT Pertamina Gas Area JBB
Distrik Cilamaya telah dilakukan secara terorganisir artinya telah terencana dan
terstruktur dengan baik. Namun pelaksanaan CSR masih belum maksimal karena
belum dilakukan oleh bagian khusus untuk menangani program CSR , karena sampai
saat ini pelaksanaan program CSR masih dilakukan oleh pekerja dari fungsi
operasi.
JURNAL 3
Judul :
Pengaruh
Kepuasan Atas Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah PT
Bank Mandiri Tbk Cabang Muaro Padang
Nama Peneliti : Deby Meigy Arzena
Tahun : 2012
Tempat Penelitian : PT Bank Mandiri Cabang Muaro Padang
Varibel yang diteliti : Kepuasan atas kualitas pelayanan, kepercayaan , loyalitas
Hasil penelitian :
Kepuasan
pelanggan memegang peranan yang sangat penting guna menjamin kelangsungan hidup
suatu usaha terutama perusahaan bergerak dibidang jasa. Selain kepuasan pelanggan
yang perlu diperhatikan lagi adalah kepercayaa pelanggan. Kepecayaan merupakan
suatu kondisi ketika salah satu pihak yang terlibat dalam proses pertukaran
yakin dengan kehandalan dan integritas pihak yang lain (Morgan dan Hunt).
Persaingan
memperebutkan nasabah bank sangat ketat. Dengan jumlah bank dan kantor cabang
yang banyak dan produk yang ditawarkan bank beragam, kualitas pelayanan dan
kepercayaan memang sangat penting bagi bank untuk mempertahankan nasabah atau
mendapatkan nasabah baru. Walupun kualitas pelayanan dan kepercayaan sebuah
bank dianggap berkualitas namun nasabahnya juga belum tentu loyal.
Populasi
penelitian ini adalah siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti
dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang orang yang kebetulan ditemui
cocok sebagai sumber data.
Berdasarkan hasil analisis , kepuasan atas kualitas
pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap nasabah PT Bank Mandiri Cabang
Muaro Padang sedangkan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
nasabah PT Bank Mandiri Cabang Muaro Padang jadi untuk meningkatkan loyalitas
nasabah dapat melalui peningkatan secara langsung kepercayaan nasabah.